Jembatan dalam mengembangkan kemampuan anak

Tahukah Anda, bayi berusia 3 bulan otaknya telah membentuk koneksi yang jumlahnya kurang lebih 2 kali yang dimiliki oleh orang dewasa? Berapa jumlahnya? Yaaah…sekitar 1000 triliun koneksi lah… Wow!
sebuah koneksi akan semakin kuat terbentuk dalam otak bayi apabila kejadian atau pengalaman yang memicu terbentuknya koneksi tersebut semakin sering terjadi.
Ratusan kejadian atau pengalaman yang dialami oleh bayi Anda akan memicu terbentuknya ratusan koneksi dalam otaknya. Ingat, sekali lagi, semakin sering si bayi mengalami suatu kejadian, semakin kuat koneksi tersebut terbentuk dalam otaknya.
Inilah penjelasan ilmiahnya mengapa bayi dan anak-anak kecil selalu diibaratkan sebagai kertas putih…terserah si orang tua ingin menulis apa di atas kertas itu. Keburukankah atau kebaikan?

Beberapa ahli filsafat pendidikan berpendapat dalam perkembangan 7 pertumbuhan anak terdapat beberapa prinsip yang perlu diberikan yaitu

1. Musik /Suara . hal ini dapat dibuktikan bahwa sejak kita lahirpun secara tidak langsung seorang ibu akan memberikan rangsangan berupa musik dalam bentuk nyanyian atau shalawat yang sering diberikan kepada anaknya .Dan lebih dapat mengembangkan kreativitas anak.

2. Olahraga (Gym) dengan olahraga sianak akan terbentuk fisik yang siap untuk beraktifitas .Yang melatih koordinasi tubuh . Terkadang sering kita jumpai terdapat beberapa anak yang mempunyai tingkat kecerdasan tinggi akan tetapi jarang untuk berolah raga .Yang akibatnya pola pertumbuhan mengalami hambatan seperti kurang makan atau badan yang tidak seimbang ( kurus) .Yang berakibat sering sakit pada anak tersebut .

3. Tematik ( berhitung) dengan belajar berhitung seorang anak akan dapat lebih mengembangkan logika berpikir . Dengan berhitung pula seorang anak akan belajar arti kejujuran dan berpikir sistimatis .

4. Agama hal ini pula tidak ketinggalan karena dengan belajar agama seorang anak akan mengetahui akan keberadaannya .

Bagaimana metode untuk dapat memberikan 4 prinsip tersebut kepada buah hati sekaligus serta kapan........???

Hal yang paling mudah anak pada usia dini dikenalkan musik sedini mungkin dan alangkah bagusnya jika seorang anak sejak dini sudah dikenalkan dengan salah satu alat musik .

Dengan alat musik seorang anak akan dapat belajar cara bermain musik ,
dengan alat musik seorang anak dapat melakukan olahraga (koordinasi ) tubuh tangan , mata, telinga dan kaki , dengan alat musik pun seorang anak dapat belajar berhitung dengan menggunakan tempo nada dan dengan musik kita dapat memberikan pelajaran agama

Dalam melakukan prinsip tersebut tentunya keterlibatan orang tua dapat memberikan contoh nyata kepada anaknya memegang peranan penting .Tidak semata mata hanya dapat memberikan less atau kusus kepada anaknya .
Jika tidak ada keterlibatan ya .... minimal orang tua dapat bernyanyi untuk buah hati . Tahukah Anda, dengan bernyanyi kepada bayi Anda ketika dia menangis, berarti Anda telah memicu terbentuknya suatu koneksi otak yang akan berdampak positif pada emosi si bayi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasih sudah mampir...